January 23, 2012

Apa Potensi Dirimu?

Rasanya beruntung, saya mendapat kesempatan membaca karya Akbar Zainudin yang berjudul Man Jadda Wajada - The Art of Excellent Life.



Dalam buku ini terbagi menjadi banyak subbab yang inspiratif. Namun, kali ini saya akan membahas subbab Membuka Potensi Diri.

Ya. Setiap manusia diciptakan dengan membawa satu potensi tertentu di mana potensi itu letaknya tersembunyi yang tidak akan memberikan nilai lebih jikalau tidak disertai upaya-upaya dan kerja keras guna menghasilkan suatu karya nyata. Yang membedakan satu orang dengan orang yang lain mengenai potensi yang dimiliki adalah keinginan untuk mewujudkan potensi tersebut. Sementara, potensi itu biasanya berhubungan dengan sesuatu yang kita lakukan dengan senang hati serta menghasilkan sesuatu yang baik.

"Dan emas bagaikan debu jika tetap terpendam si tempatnya, dan kayu jika tetap di tempatnya termasuk kayu bakar yang tidak berarti."
"Kepuasan diri adalah musuh dari inovasi."
"Sesungguhnya saya melihat air yang berhenti menjadi keruh. Jika air itu mengalir, dia akan menjadi bersih."

Dari ketiga petikan di atas, potensi bukanlah hal yang statis. Diperlukan sebuah kerja keras untuk memperolehnya serta proses memperbarui secara terus-menerus guna mendapatkan suatu karya nyata yang terus berkembang. (Man Jadda Wajada hal 109)

Ayo gali potensimu, lalu kembangkan !!!

***

0 comments:

Post a Comment

Followers