December 31, 2014

Mereka yang Susah Dilupakan




Selama setahun ini kamu sudah bertemu siapa saja dalam hidup? Para orang baru yang punya cara-cara khas untuk menarik perhatianmu. Mereka terkadang datang dan pergi, seperti kereta api. Namun, ada juga yang memilih tinggal dan menetap.

Sekali lagi, tak banyak manusia tipe kedua, yang senantiasa ada di sisimu. Kecuali, belahan jiwamu. Hmm, emang sudah nemu? Akan tetapi, kalau kamu disuruh menghitung berapa orang yang hadir sekilas lalu menghilang, pasti jawabnya lebih dari satu, dua, tiga, atau malah banyak.
 
Nah, dari sekian itu, ada enggak yang susah buat dilupain? Ada! Pasti ada! Pengen tahu siapa-siapa aja mereka yang bikin kamu nyerah ngelupainnya? Sok atuh euy disimak tipe-tipenya!

1. Dia yang serba pertama.

Hampir enggak mungkin kamu bisa ngelupain dia yang memegang kunci ‘serba pertama’ dalam hidupmu. Dia yang pertama membuatmu jatuh cinta. Dia yang pertama datang ke rumah dan nekat ngadep ayahmu yang galak. Dia yang pertama bikin kamu nangis. Dia... dia... dia... yang pertama dan takkan terlupa.

Wah, kayaknya impossible to forget this type of person deh. Diikhlaskan aja lah kalau memang sudah berpisah. Kalau belum, ya pertahanin atuh.

2. Dia yang bikin nyaman.

Ini tidak cuma buat perempuan ya, lelaki juga berlaku. Ketika kamu sudah menemukan dia yang bikin kamu nyaman, enak diajak ngobrol, mengerti batasan dirimu, serta dia selalu memaklumi itu. Dan... kamu pasti akan merasa, “Oh, he/she is the one I need.

Parahnya, pas udah nyaman-nyamannya, eh dianya justru pergi. Beh, sakit hati pasti, makan hati juga. Namun, jleb point-nya gak berhenti di situ. Habis disakiti, eh justru kamu malah nggak bisa tuh ngelupain dia. Paket kombo dah. Kenapa? Ya, soalnya dia udah bikin kamu nyaman. Susah lho cari yang sepadan, asal tahu aja.

3. Dia yang nyebelin, tapi lucu.

Biasanya ini dilakuin oleh para lakik. Iya, mereka biasanya bertingkah nyebelin, tapi sekaligus lucu. Kasih contoh deh, ceritanya kamu lagi nge-chat bareng dia, terus kamu nulis kalimat so sweet gitu, eh, dia malah ngebecandain tulisanmu yang sebenarnya pengen diimpresi dia. Hmm, jadinya kamu sebel, tapi ya ketawa juga. Hehe.

Lelaki yang nyebelin plus humoris biasanya akan sulit dilupain. Namun, ini yang kadar nyebelin dan humorisnya seimbang ya. Kalau humoris doang mah, pacaran aja sama komedian. Bukannya susah lupa, susah berhenti buat ketawa jadinya.

4. Dia yang ngajarin banyak hal.

Kamu tipe orang yang suka cerita berbagai masalahmu kepadanya. Dengan gaya mirip motivator-wannabe, dia selalu memberikan solusi tepat guna buat kamu. Ya, kamu pun akhirnya berdehem sembari berkata, “Iya juga ya, kamu benar. Makasih banyak.”

Banyak hal yang dia ajarkan kepadamu. Mengenai bagaimana mikir positif daripada being pesimist, menyikapi pacarmu yang cuek, menghadapi kenyataan putus cinta, serta move on yang anggun. Mana mungkin sih kamu bisa ngelupain orang tipe ini?

5. Dia yang perhatian tapi bukan siapa-siapa.

Ada lho tipe orang yang mirip matahari: hanya memberi, tak harap kembali. Iya, selayaknya kasih ibu kepada beta. Ini orang perhatiannya gak ketulungan ke kamu. Mulai dari ngajakin makan bareng, ngajarin mata kuliah yang kamu kurang paham, nganter kamu ke mana-mana, sampai... menutupi lubang yang selama ini enggak bisa diisi kecuali oleh mereka yang kamu percaya.

Padahal, dia itu bukan siapa-siapa kamu. Calon tunangan, bukan. Kekasih, bukan. Gebetan, bukan. Ya, hanya teman. Tapi, gak tahu kenapa perhatiannya itu utuh, sempurna. Hmm, bisa enggak lupa sama nih orang? Kok gak yakin ya.

6. Dia yang pergi tanpa sempat dimiliki.

Bahasanya bos, sedap dan menyayat hati banget. Iya, kalau kamu ketemu orang yang udah klop, cocok, dan rencananya ingin kamu jadikan tambatan hati, tetapi dianya justru pergi tanpa sempat kamu miliki, ya pasti kamu sangat kehilangan.

Lebih-lebih, kamu takkan... takkan pernah bisa melupakannya. Selalu ada kata ‘andai’ dalam hatimu, yang tak pernah terjawab. Gimana, ribet ya ngelupain tipe ini? Pasti menguras hati.

Mustahil untuk melupakan seseorang, katanya. Mengapa? Sebab, saat kamu berucap dalam hati, “Aku ingin lupain kamu. Lupain kamu. Lupain kamu,” eh, justru semakin inget tuh kamu jadinya. So, jangan dilupakan, tapi dibiarkan membiasa. Kalau perlu, timpa saja memorinya dengan dia yang lebih baik. Kamu pasti bisa!

Yak, itu tadi 6 tipe ‘mereka yang susah dilupakan’. Nah, kalau dia-nya kamu yang sulit banget dilupain masuk kategori tipe nomor berapa? Monggo dijawab di kolom komentar ya.

Terima kasih, salam.
(IPM)

Bandung, Desember 2014


 *) posting ini terinspirasi dari sahabat yang susah ngelupain seseorang
**) ilustrasi diunduh dari image.google.com

__
Apabila ada masukan, atau minta pendapat mengenai tulisanmu, sila hubungi penulis di akun twitter: @idhampm atau e-mail: idham.mahatma@gmail.com

4 comments:

Stevanus Elyasta Sebayang said...

Semuanya kecuali no 5 terangkum dlm 1 orang.. haiizz..

Idham P. Mahatma said...

Wah, dari 6 benar 5 ya. Hmm, lumayan.
Siapa 1 orang itu, Stev? Pastikan dia perempuan ya. Hehe :D

Eka Noviana Tristanti said...

Woooow yg no 2 4 5 ada di diri sahabat aku, no 1 2 3 4 ada di ehem hahaha. No 6 pernah tp udh lama haha. Nice kak! :)

Idham P. Mahatma said...

Hmm, 100% benar ya berarti. Hehe.
Makasih banyak, Eka, atas segala apresiasinya.
Masukanmu yg di FB bakal saya pikirkan lebih lanjut :D

Post a Comment

Followers