June 04, 2015

Yang Tersimpan di Balik Kesulitan





Jikalau alur hidupmu bagaikan jalan buntu, cobalah mengartikannya lebih dalam. Apakah lajur awal yang kamu pilih adalah benar, ataukah Tuhanmu kini telah menunjukkan arah yang seharusnya, meskipun membuatmu harus mengulang dari titik pertama? Segala yang terbaik, akan kamu dapatkan jikalau bersungguh berusaha.

Kamu tentu tahu, atau bahkan mengerti apabila setelah lapar akan ada kenyang. Setelah haus ada kesegaran berlebih. Setelah begadang ada beberapa jam tidur pulas. Lalu, setelah sakit ada yang disebut kesembuhan.

Setiap yang hilang pasti akan bertemu. Dalam kesesatan akan datang satu petunjuk. Bersama kesulitan akan ada kemudahan. Dan, setiap kegelapan niscaya berakhir dengan terang benderang.

Aku sampaikan kabar baik ini kepadamu, kepada malam bahwa sang fajar pasti datang mengusirnya dari puncak gunung dan dasar lembah esok hari. Kepada orang yang dilanda kesusahan bahwa pertolongan akan tiba secepat kelebatan cahaya dan kedipan mata. Kepada mereka yang ditindas bahwa kelembutan dan dekapan hangat akan menjemput sesegera.

Ketika kamu melihat hamparan padang sahara yang seolah memanjang tanpa batas, ketahuilah di balik kejauhan itu terdapan kebun yang rimbun penuh daun. Saat kamu melihat seutas tali meregang kencang, ketahuilah bahwa sebentar lagi ia akan putus.

Setiap tangisan akan berujung dengan senyuman. Ketakutan akan berakhir dengan rasa aman. Dan, kegelisahan akan sirna oleh kedamaian.

You      :  “Ya, Allah, why is it always me?
Allah    :  Because I love you.
When Allah loves a servant. He tests him.  ̶ Tirmidhi

Maka dari itu, jangan pernah merasa terhimpit sejengkalpun, sebab setiap keadaan pasti berubah. Tak selamanya. Dan, sebaik-baiknya ibadah ialah menanti kemudahan dengan sabar. Man shabara zhafira.

Betapapun, hari demi hari akan terus bergulir, tahun demi tahun akan silih berganti. Meski demikian, yang gaib akan tetap bersembunyi, dan Sang Maha Bijaksana tetap pada keadaan dan segala sifat-Nya.

Tuhan pasti akan menciptakan sesuatu yang baru setelah itu semua. Tentu, yang lebih baik. Sesungguhnya, bersama kesulitan ada kemudahan.


Untukmu, la tahzan, jangan bersedih, tersenyumlah...
(IPM)

*) Posting ini buat kamu, yang tengah bertubi mendapat cobaan, tapi tak pernah mengeluh, terus tersenyum.

Bandung, Februari 2015

#Beberapa kalimat dalam tulisan ini dikutip dari buku La Tahzan.
#Ilustrasi diunduh dari satu, dua
 

0 comments:

Post a Comment

Followers